Home »

News

Mengejutkan! Gunung Es Setinggi 46 Meter Bergerak di Kota Kecil Ferryland

Sebuah gunung es yang ukurannya lebih tinggi dari yang menenggelamkan Titanic melintas di sebuah kota kecil.

Mengejutkan! Gunung Es Setinggi 46 Meter Bergerak di Kota Kecil Ferryland
Telegraph
Gunung es setinggi 46 meter ini terjebak di laut dangkal dekat kota Ferryland, Kanada. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Sebuah gunung es yang ukurannya lebih tinggi dari yang menenggelamkan Titanic melintas di sebuah kota kecil di Provinsi Newfoundland dan menarik banyak wisatawan.

Gunung es yang kandas di laut yang dangkal dekat kota kecil Ferryland itu, diperkirakan memiliki ketinggian 46 meter.

"Ini adalah yang terbesar yang pernah terlihat di sekitar kota ini. Gunung es ini begitu besar dan jaraknya begitu dekat sehingga warga bisa berfoto dengannya," kata waili kota Ferryland, Adrian Kavanagh.

Gunung es itu memang sempat bergerak sedikit dan pecah beberapa kali, tetapi nampaknya tak akan bergerak jauh dalam beberapa hari ke depan.

"Gunung es itu tak akan bergerak kecuali ada angin yang cukupkencang, sebab saat ini gunung es itu terjebak di laut dangkal," ujar warga kota, Don Costello.

Balok-balok es dalam jumlah besar setiap tahun hanyut ke perairan itu setiap tahun, tetapi kali ini pemandangannya sungguh istimewa.

"Biasanya hal semacam ini belum muncul hingga akhir Mei atau Juni. Jadi jumlah gunung es dalam jumlah cukup besar saat ini sungguh istimewa," kata Rebecca Acton Bond, petgas pengawas gunung es di pasukan penjaga pantai Kanada.

Gunung es yang menenggelamkan Titanic pada 1912 diyakini memiliki tinggi sekitar 30 meter dan berasal dari sebuah gletser di Greenland. (Kompas.com/Ervan Hardoko)

Ikuti kami di
Editor: Tertia Lusiana Dewi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help