Home »

News

Digusur karena Proyek Jalan Tol, Nasib Hewan di Kebun Binatang Samarinda Makin Tak Jelas

Setelah digusur oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim), nasib Kebun Binatang Samarinda dan hewannya tidak jelas.

Digusur karena Proyek Jalan Tol, Nasib Hewan di Kebun Binatang Samarinda Makin Tak Jelas
Kebun binatang Samarinda
Seekor beruang yang bernama Black, terpaksa pindah ke sebuah kandang yang lebih kecil, karena kandang sebelumnya dihancurkan oleh Pemprov Kaltim menggunakan alat berat 

TRIBUNTRAVEL.COM - Setelah digusur oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim), nasib Kebun Binatang Samarinda dan hewannya tidak jelas.

Kompleks kebun binatang yang telah menghabiskan dana Rp 100 miliar lebih itu harus dibongkar tanpa kejelasan ganti rugi.

Pengelola Kebun Binatang Samarinda pun kebingungan mengenai nasib hewan-hewannya.

Pihak pengelola kebun binatang, PT Samarinda Golden Prima, Michael Adam mengatakan, Kebun Binatang Samarinda yang terletak di Kecamatan Palaran, Samarinda, itu sebenarnya masih dalam tahap pembangunan dan pengembangan kawasan.

Pihaknya telah mengantongi izin taman satwa dari Kementerian Kehutanan pada tahun 2010.

Kebun binatang ini telah menyediakan kandang yang layak huni bagi hewan.

“Izinnya sudah dari tahun 2010 lalu, izinnya taman satwa langsung dari Kementrian Kehutanan. Ya sekarang dibongkar, padahal izinnya sudah jelas ada. Kandangnya habis ratusan miliar rupiah, tidak ada ganti rugi,” ujar dia, Kamis (30/3/2017).

Karena memiliki izin taman satwa, sebutnya, hampir seluruh koleksi hewan yang dilindungi yang berada di kebun binatang ini adalah hewan titipan.

Lembaga konservasi swasta seperti Borneo Orangutan Survival Foundation (BOS) dan Center for Orangutan Proection (COP) menitipkan hewan temuan mereka di kebun binatang tersebut.

Bahkan, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim sering menitipkan hewan hasil pengungkapan kasus penyelundupan ke tempat itu.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Sri Juliati
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help