Home »

News

Equinox - Dikhawatirkan Akan Alami Perubahan Suhu Drastis, Wilayah Ini Justru Lembab Berawan

Fenomena langka equinox yang sempat dikhawatirkan bisa meningkatkan suhu secara drastis, tidak terjadi di wilayah ini.

Equinox - Dikhawatirkan Akan Alami Perubahan Suhu Drastis, Wilayah Ini Justru Lembab Berawan
BMKG
Ilustrasi 

TRIBUNTRAVEL.COM - Fenomena langka equinox yang sempat dikhawatirkan bisa meningkatkan suhu secara drastis, tidak terjadi di wilayah Kepulauan Bangka Belitung.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkal Pinang memastikan, kondisi cuaca sejak pagi hingga sore di Kepulauan Bangka Belitung, justru cenderung lembab berawan.

“Hasil pemantauan kami terkait fenomena equinox pada Selasa (21/3/2017) ini memperlihatkan cuaca berawan dengan suhu 25 hingga 28 derajat celcius,” kata Kepala BMKG Pangkal Pinang, M Nurhuda, Selasa (21/3/2017).

Secara umum, wilayah Kepulauan Bangka Belitung masih dikategorikan berpotensi hujan dan berawan di wilayah daratan mau pun perairan laut.

Fenomena equinox yang muncul karena posisi matahari persis di garis Kathulistiwa akan terjadi sebanyak dua kali yakni 21 Maret dan 23 September 2017.

Meski pun dinilai tidak membahayakan, masyarakat diimbau menjaga lingkungan dan kesehatan tubuh.

BMKG pun mengimbau masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan isu yang sempat menyatakan equinox akan menyebabkan suhu panas hingga 40 derajat celcius yang bisa menimbulkan dehidrasi atau iritasi.

“Wilayah Indonesia dengan iklim tropis tidak akan berdampak signifikan seperti di Timur Tengah atau Afrika. Kemungkinan suhu panas bisa di Nusa Tenggara Timur, tapi tidak akan begitu besar,” jelas Nurhuda. (Kompas.com/Kontributor Pangkalpinang, Heru Dahnur)

Ikuti kami di
Editor: Tertia Lusiana Dewi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help