Dinilai Sudah Tidak Ideal, Bandara Rahadi Osman Ketapang Akan Dipindah

Bandara Rahadi Osman yang terletak di Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat dinilai sudah tidak ideal dalam hal keselamatan penerbangannya.

Dinilai Sudah Tidak Ideal, Bandara Rahadi Osman Ketapang Akan Dipindah
angkasa.co.id
Bandara Rahadi Osman 

TRIBUNTRAVEL.COM - Bandara Rahadi Osman yang terletak di Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat dinilai sudah tidak ideal dalam hal keselamatan penerbangannya.

Bandara terletak di tengah pemukiman padat, lahannya terbatas sehingga sulit dikembangkan.

Padahal tingkat pertumbuhannya penumpang sangat tinggi yaitu 15 persen pertahun.

Menurut Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso yang mengunjungi bandara tersebut pada Jumat-Sabtu (18 dan 19 Maret 2017), Bandara Rahadi Osman Ketapang mendesak untuk dikembangkan.

Namun demikian biaya untuk mengembangkan bandara ini ditempat yang lama akan sama dengan membangun bandara baru di tempat lain yang bisa dikembangkan lebih lanjut.

Oleh karena itu pemindahan bandara ke tempat lain yang lebih baik merupakan opsi utama.

Selama dua hari ini, Agus Santoso meninjau Bandara Rahadi Oesman serta beberapa tempat yang disediakan oleh Pemerintah Daerah untuk relokasi bandara.

Di antaranya di Desa Tempurukan, Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang yang berjarak sekitar 26 km dari Bandara Rahadi Oesman dan Desa Riam Berasap, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara yang berjarak sekitar 65 km.

Beberapa tempat lain akan dikunjungi kemudian hari.

Menurut Agus, penurunan tingkat keselamatan juga akan mempengaruhi penurunan tingkat keamanan dan pelayanan serta bisnis transportasi udara di bandara ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help