Home »

News

Wafat 100 Tahun Lalu, Inilah 19 Fakta Cut Nyak Dien, Ibu Ratu di Sumedang

Hari ini (6/11/2016), tepat 108 tahun wafatnya Cut Nyak Dien, Pahlawan Nasional Indonesia. Di antara berbagai kisah, inilah fakta menariknya.

Wafat 100 Tahun Lalu, Inilah 19 Fakta Cut Nyak Dien, Ibu Ratu di Sumedang
wikipedia.org
Cut Nyak Dien 

Laporan Wartawan TribunTravel.com, Sinta Agustina

TRIBUNTRAVEL.COM - Hari ini (6/11/2016), tepat 108 tahun wafatnya Cut Nyak Dien, Pahlawan Nasional Indonesia yang berjuang melawan Belanda pada masa perang Aceh.

Pahlawan wanita yang berasal dari Aceh ini berjuang melawan Belanda bersama suaminya, Teuku Ibrahim Lamnga, yang menikahinya pada usia 14 tahun.

Namun pada suatu pertempuran di Sela Glee Tarun, Teuku Ibrahim Lamnga gugur.

Meskipun demikian, Cut Nyak Dien tetap memiliki semangat yang berkobar untuk dapat mengalahkan pasukan Belanda.

Di antara berbagai kisah perjuangannya, inilah fakta menarik mengenai Cut Nyak Dien seperti yang dirangkum TribunTravel.com dari berbagai sumber.

1. Cut Nyak Dien berani memimpin perang di garis depan, melawan Belanda yang mempunyai persenjataan lebih lengkap dibandingkan dengan pasukan Aceh.

2. Setelah Teuku Ibrahim Lamnga wafat, Cut Nyak Dien dinikahi oleh Teuku Umar, yang kemudian secara bersama-sama berjuang melawan Belanda.

3. Dari pernikahannya dengan Teuku Umar, Cut Nyak Dien dikaruniai anak laki-laki yang diberi nama Cut Gambang, yang kelak melanjutkan perjuangan ayah dan ibunya melawan Belanda.

4. Teuku Umar pernah melakukan gerakan pendekatan kepada Belanda untuk kemudian pura-pura bergabung dengan pasukan Belanda.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Sinta Agustina
Editor: Tertia Lusiana Dewi
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help